Kamis, 17 Desember 2015

Tugas UTS

Nama: Maelani (2225140735)
Pendidikan Matematika/ 3A

Tugas membuat 5 soal beserta jawabannya:
1. Sebutkan dan jelaskan beberapa persoalan yang harus dijawab dalam filsafat ilmu!
Jawab:
a. Ontologi ilmu
Meliputi apa hakikat ilmu itu, apa hakikat kebenaran dan kenyataan yang inheren dengan pengetahuan ilmiah, yang tidaj terlepas dari persepsi filsafat tentang apa dan bagaimana (yang) "ada" itu (being sein, het zjin).
b. Epistemologi ilmu
Meliputi sumber, sarana dan tatacara menggunakan saeana tersebut untuk mencapai pengetahuan.
c. Aksiologi ilmu
Meliputi nilai-nilai (vakuers) yang bersifat normative dalam pemberian makna terhadap kebenaran atau kenyataan sebagaimana kita jumpai dalam kehidupan kita yang menjajahi berbagai kawasan, seperti kawasan sosial, kawasan simbolik ataupun fisik-material.
2. Mengapa dikatakan bahwa filsafat induk ilmu pengetahuan?
Jawab:
Filsafat disebut sebagai induk ilmu pengetahuan karena dari filsafat lahirlah ilmu-ilmu modern dan kontemporer berkembang sehingga manusia dapat menikmati ilmu sekaligus buahnya yaitu teknologi.
3. Filsafat memiliki dua objek kajian, sebutkan dan jelaskan!
Jawab:
Objek kajian filsafat adalah objek material dan objek formal, yang dimaksud objek material adalah segala yang ada yang tampak maupun tidak tampak sedangkan objek formal filsafat adalah sudut pandang yang menyeluruh, radikal dan rasional tentang segala yang ada.
4. Sebutkan tiga manfaat mempelajari filsafat!
Jawab:
¤ Mendapatkan jawaban baru karena orang yang berfilsafat selalu mencari jawaban yang baru dan tidak pernah puas dengan jawaban yang tidak menggunakan logika.
¤ Menunjukan ide bahwa ide-ide falsafi memiliki relevansi dengan persoalan masa kini. Beberapa bidang pengetahuan berkembang terus dengan tradisi filsafat seperti epistemology, logika, moral, politik, estetika. Tanpa tradisi filsafat bidang-bidang ini akan sulit berkembang.
¤ Untuk menjadikan diri kita lebih memiliki kesadaran, lebih kritis, lebih cerdas, dan lebih bijaksana. Karena tugas utama filsafat adalah merefleksi dan mengintegrasikan hasil-hasil investigasi dalam berbagai bidang untuk membangun pemahaman utuh, berkesinambungan, menyeluruh dan komprehensif.
5. Jelaskan fungsi matematika dalam filsafat!
Jawab:
Fungsi matematika dalam filsafat ilmu adalah merupakan sarana ilmiah yang terpenting dan akurat karena dengan pendekatan matematikalah ilmu dapat diukur dengan benar dan akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar