Senin, 07 Desember 2015

bhineka tunggal ika

BHINNEKA TUNGGAL IKA istilah yang semua orang Indonesia mengetahui makna serta penjabaraNnya. Kalimat yang tertulis pada pita tempat bertengger Burung Garuda Pancasila dengan di genggam eratnya. Semua sudah paham pastinya akan makna filosofis dari burung garuda yang mencengkeram Pita Bhinneka Tunggal Ika. 
Namun walau banyak yang tahu arti dan fasih di dalam menjabarkan arti Bhinneka Tunggal Ika Pasti tidak sedikit yang kurang mengetahui tentang makna atau arti Asli Secara Harfiah dari Bhinneka Tunggal Ika. Kebanyakan mengetahuinya bahwa Bhineka Tungal Ika Berarti Berbeda-beda Tetapi Tetap Satu Juga dan itulah gambaran dari Indonesia yang terdiri dari beragam suku bangsa, dan bahasa yang berbeda beda Namun tetap satu Indonesia dan seterusnya dan seterusnya.
Sedangkan Makna Harfiah Dari Bineka apa? Tunggal Apa? Ika apa? Pasti banyak yang kurang mengetahuinya. Bhinneka Tunggal Ika istilah dari bahasa sansekerta Yang Tertulis dalam kitab Tripitaka yang di tulis Empu Tantular. BhinnekaTunggal Ika Tiga kata yang berbeda namun arti ketiganya adalah sama
kata bhinneka berarti "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Kata neka dalam bahasa Sanskerta berarti "macam" dan menjadi pembentuk kata "aneka" dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti "satu". Kata ika berarti "itu".
Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan "Beraneka Satu Itu", yang bermakna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan, Bahasa dan masih banyak lainnya yang berbeda-beda namun tetap satu Indonesia. Bhineka Tunggal Ika walau berbeda beda kata dan lafalnya namun artinya Satu Semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar