Senin, 07 Desember 2015

bangganya menjadi bangsa indonesia

Indonesia adalah negara dengan sejuta kekayaan yang terkandung di dalamnya, banyak negara asing yang iri dan ingin memiliki kekayaan yang ada di Indonesia, hal tersebut dapat dilihat dari lamanya Indonesia dijajah oleh negara Belanda, banyaknya kebudayaan Indonesia yang diklaim oleh negara asing, pengklaiman pulau-pulau yang ada di Indonesia oleh negara-negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia, sampai pencurian ikan-ikan, hewan-hewan endemik khas Indonesia dan flora yang ada di tanah air ini.
Diantara begitu banyaknya masalah yang terdapat di Indonesia, seperti masalah bencana alam, korupsi, masalah ekonomi, pendidikan dan masih banyak lagi masalah-masalah yang ada di Indonesia, ada suatu hal yang menurut orang Indonesia hal tersebut merupakkan hal biasa dan mereka tidak memperdulikannya, tetapi hal tersebut terkenal di Dunia dan bisa membanggakan Indonesia, yang saya kutip dari liputan6.com.
Inilah beberapa hal-hal kecil yang membuat kita bangga menjadi bangsa Indonesia, yang dirangkum dari berbagai sumber:
  1. Batik indonesia disukai dan sering kali dipakai oleh Ratu elizabeth II, Ratu Sophie, Ratu Juliana bahkan Bill Clinton.
  2. Hasil kerajinan batik kayu indonesia di Desa Sendangsari, Bantul, telah menembus pasar mancanegara, yaitu Asia, eropa, dan Timur Tengah.
  3. Bahasa minions dalam film animasi 'Despicable Me 2' adalah campuran bahasa Spanyol, Italia, Inggris, Yunani, dan Indonesia.
  4. Bahasa Indonesia ada di peringkat 4 sebagai bahasa terbanyak yang digunakan di platform penerbitan konten internet wordPress.
  5. Masakan seperti Ayam Penyet, Nasi Padang, Pisang Goreng, Cendol, masuk sebagai “40 singapore food we can’t live without” versi CNNGo.
  6. Timah dari Pulau Bangka Belitung mempunyai peranan penting dalam bahan baku pembuatan smartphone di seluruh dunia.
  7.   Lagu tradisional Indonesia seperti Nina Bobo dan Benggawan solo sudah terkenal di dunia.
  8.   Michael Reynold Tagore adalah orang Indonesia yang menjadi animator dalam film The Hobbit, The Avenger, dan Iron Man 3.
  9. Pulau dewata Bali merupakan 1 dari 10 pulau paling romantis di dunia. (Majalah Travel +leisure)
  10.  Adegan Julia Robert bersepeda dalam film 'Eat Pray Love' membuat Ubud, Bali, masuk kedalam 10 lokasi paling juara kategori tempat spiritual. 
  11. David Foster mengaku, lagu ciptaannya 'To Love You More' dari Celine Dion terinspirasi dari musik keroncong Indonesia.
  12. Tema background email Gmail 'Cerry Blossom' di buat oleh orang indonesia bernama Vania sofiandi.
  13. Artina Prastiwi dari Indonesia adalah penemu vaksin penghambat virus flu burung, yang terbuat dari ekstrak buah Mahkota Dewa.
  14.  Indonesia memliki primata terkecil di dunia, Tasier Pygmy (Tarsius Pumilus), yang hanya ada di Sulawesi.
  15. Suku asli Madagascar bernama Afro-Indonesian karena orang Indonesia yang pertama menghuni sekitar ribuan tahun lalu.
Selain itu, ternyata orang-orang Indonesia mempunyai tingkat intelektual yang tingga, hal tersebut dapat dilihat dari toko-tokoh yang menemukan dan membuat inovasi baru dalam dunia keilmuan dan penemuan dan inovasi tersebut tidak hanya digunakkan di Indonesia tetapi juga di gunakan secara Internasional, berikut ini adalah orang-orang Indonesia yang menemukan dan membuat inovasi baru dalam bidang keilmuan dunia
1. Tjandramukti
Adalah peneliti pertanian tropis dan salah satu pelopor mixed farming, sekitar tahun 2000 berhasil menemukan varietas kedelai baru yang memiliki produktifitas yang tinggi, mencapai 3,4 ton per hektar (salah satu yang tertinggi di daerah tropis secara internasional), dibandingkan rata-rata nasional yang hanya 1,3 ton per hektar.
Kedelai ini memiliki ukuran besar, protein yang tinggi (43,9 %), umur yang pendek (72 hari), dan memiliki kemampuan adaptasi yang baik di daerah tropis bila ditanam dengan best practice yang beliau kembangkan. Hasil pemurnian bertahun- tahun dalam keadaan yang terkontrol, pada akhirnya menghasilkan dua varietas kedelai unggul, yang pertama telah diserahkan kepada pemerintah daerah dan di daftarkan menjadi benih kedelai unggul nasional dengan nama Kedelai Grobogan, sedang varietas yang lain belum didaftarkan. Selain kedelai, beliau juga menemukan konsep sumur resapan komunal untuk memanen air hujan di lahan persawahan serta metode optimalisasi tanaman subtropis di daerah tropis seperti ketela pohon, jagung, dan kedelai.
2. Mujair
Mujair adalah nama seorang bapak yang pada tahun 1939 menemukan ikan yang pada akhirnya dinamai dengan nama yang sama di muara sungai Serang, Blitar. Beliau berhasil mengembang biakkan ikan yang bukan asli perairan Indonesia dan menjadi populer hingga sekarang. Pak mujair berhasil mengembang biakkan ikan yang aslinya ikan laut menjadi ikan air tawar.
3.   Prof. Poorwo Soedarmo
Anda pasti hapal apa itu Empat Sehat Lima Sempurna, suatu slogan yang sangat mudah diingat dan tidak dapat dipungkiri berhasil dalam menyehatkan masyarakat Indonesia. Slogan atau lebih tepatnya konsep ini dicetuskan oleh seorang tokoh gizi Indonesia kelahiran Malang pada tahun 1904 bernama Poorwo Soedarmo.
4. Tjokorda Raka Sukawati
Sistem pembuatan penyangga jalan layang secara sejajar dengan jalan yang akan dibuat, dan dapat diputar dengan mudah bila akan digunakan. Sistem ini menghemat tempat, sehingga tidak memacetkan lalu lintas di bawahnya bila sebuah jalan layang dibuat di atas jalan lain.
5. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo
Lulusan ITB angkatan 1934 ini berhasil menemukan pondasi cakar ayam pada tahun 1962. Sistem pondasi ini memungkinkan pembangunan di atas lahan yang labil, seperti landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta, Jakarta, dan banyak bangunan lain di seluruh dunia.
6. Mukibat
Pak Mukibat adalah petani sederhana dari Kediri ini pada tahun 1950 menemukan sistem penanaman singkong yang revolusioner. Beliau menempelkan batang ketela pohon karet yang daunnya rimbun di atas ketela pohon biasa (grafting). Setelah di tanam hasilnya sangat luar biasa. Dengan sistem pemanenan berulang, sebuah ketela pohon dapat memproduksi hingga 5 kali lipat dari yang biasanya. Untuk menghormati sistem tempel pada ketela pohon saat ini secara internasional dinamai sistem Mukibat, meskipun saat ini banyak orang mengakui hal tersebut sebagai sistem mereka dengan sedikit modifikasi dari aslinya.
7. B.J. Habibie
Siapa yang tidak kenal dengan presiden ketiga Indonesia ini, beliau adalah B.J. Habibie, Bapak habibie juga salah satu penemu besar dari indonesia dia adalah penemu Teori, Faktor dan Metode Habibie (Teknologi Pesawat Terbang), beliau juga adalah orang pertama dari Indonesia yang pertamakali membuat pesawat terbang.
8. Michael Iskandar atau Om Chia
Beliau menemukan Mesin Big Bang yang di pakai dan di sukai Valentino Rossi Sejak tahun 1949, Om Chia menjadi pembalap yang membawa bendera Suzuki. Loyalitasnya pada profesi yang dijalani melahirkan keparcayaan dah hasil yang maksimal. Hingga akhirnya pada tahun 60-an Om Chia berputar haluan, namun tetap dalam koridor dunia balap dengan menjadi mekanik. Sejak saat itu, karirnya terus meningkat dan terus berkreasi sesuai iklim balap Indonesia dan mengawal berbagai pembalap tanah air.
9.  Prof. Dr. Khoirul Anwar
Prof. Dr. Khoirul Anwar adalah pemilik paten sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) adalah seorang Warga Negara Indonesia yang kini bekerja di Nara Institute of Science and Technology, Jepang. Khoirul adalah lulusan dari Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung dengan cum laude di tahun 2000. Meraih gelar master dan doktor dari Nara Institute of Science and Technology (NAIST) pada tahun 2005 dan 2008. Ia menerima IEEE Best Student Paper award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) 2006, California, USA 
10. Anindito Respati Giyardani
Anindito Respati Giyardani adalah penemu Tongkat narsis atau tongkat eksis atau disingkat tongsis (bahasa Inggris: Selfie stick), yang saat ini sednag digandrungi oleh masyarakat seluruh dunia. Tongsis adalah alat yang digunakan untuk selfie dari jarak jauh yang berupa tongkat yang dapat dipanjangkan dengan di ujung tongkat terdapat tempat untuk menaruh telepon selular atau perangkat portabel lainnya. Tongsis ramai digunakan seiring perkembangan telepon selular yang semakin beragam. Yang hebatnya lagi, Tongsis masuk dalam jajaran temuan terbaik di 2014 versi majalah TIME, bersanding dengan Hoverboard, Apple Watch dan printer 3D.
Itu lah hal-hal kecil yang bisa membanggakan Indonesia terutama kita sebagai masyaraktanya. Kita terutama anak-anak muda tidak boleh menyerah dalam menemukan konsep atau membuat inovasi baru yang bisa menggebrak dunia Internasional dan bisa membanggakan Indonesia di mata dunia.


http://informasiterlengkap.blogspot.com/2013/06/10-penemuan-orang-indonesia-yang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar